Proses Pendidikan
Proses pendidikan moda reguler berlangsung selama 2 semester. Pada Semester 1 terdapat kegiatan perkuliahan untuk 3 mata kuliah (PI5001 Kode Etik dan Etika Profesi, PI5002 Profesionalisme Keinsinyuran, dan PI5003 K3L). Penyelenggaraan kuliah adalah secara hibrida, yaitu daring untuk pertemuan minggu ke-1 hingga ke-7, luring pada minggu ke-8, dan daring (pengerjaan tugas) pada minggu ke-9 hingga ke-15. Terdapat Ujian Tengah Semester (UTS) yang dilaksanakan secara luring pada minggu ke-8 dan Ujian Akhir Semester (UAS) secara daring pada minggu ke-16. Proposal magang disusun sejak pertengahan semester di bawah bimbingan dosen (PS PPI) dan Pembimbing Lapangan (PL). Pembimbing Lapangan adalah staf/karyawan yang bekerja di rencana lokasi magang mahasiswa. Proposal magang yang sudah disusun dikumpulkan pada minggu ke-16. Untuk menambah wawasan dan kompetensi mahasiswa, Kuliah Umum diselenggarakan secara daring/hibrida 4 kali pada minggu ke-1, 5, 9, dan 13 dengan narasumber yang berasal dari akademisi dan praktisi.
Pada Semester 2 kegiatan pembelajaran dilakukan dalam bentuk magang di industri dengan didampingi oleh PL. Kegiatan magang ini pada dasarnya adalah pelaksanaan dua mata kuliah PI5004 Praktik Keinsinyuran dan PI5005 Studi Kasus. Dosen pembimbing (PS PPI) melakukan evaluasi sebanyak 3 kali pada minggu ke-4, 8, dan 12. Evaluasi kedua dapat dilaksanakan langsung di lapangan. Pada akhir Semester 2 laporan magang dikumpulkan dan kemudian dilaksanakan seminar/sidang akhir semester. Seminar/sidang akhir pada dasarnya adalah pelaksanaan dari mata kuliah PI5006 Seminar Workshop Diskusi.
Secara sistematis, proses pendidikan moda reguler dapat dilihat pada gambar dan tabel di bawah.
Minggu | Kegiatan Semester 1 (kuliah daring dan luring 16 minggu) |
1-7 | Pembelajaran daring asinkron PI5001, PI5002, PI5003 |
8 | Pembelajaran luring sistem blok (1 minggu): •Pembelajaran case method: kuliah tatap muka, diskusi, dan/atau presentasi •Interaksi luring dengan dosen pembimbing di sub-prodi, mulai mengusulkan/menunjuk Pembimbing Lapangan (PL) •Ujian Tengah Semester (UTS) luring di kampus ITB Ganesha |
9-15 | Pembelajaran daring asinkron: •Pengerjaan tugas project based/case method •Penyusunan proposal magang dengan bimbingan dari dosen PSPPI dan PL |
16 | •Pengumpulan tugas project based/case method •Pengumpulan proposal magang •Ujian Akhir Semester (UAS) daring |
| |
Minggu | Kegiatan Semester 2 (magang 16 minggu) |
1 | Awal kegiatan magang |
4 | Evaluasi 1 dengan dosen pembimbing (daring) |
8 | Evaluasi 2 dengan dosen pembimbing (daring/luring) |
12 | Evaluasi 3 dengan dosen pembimbing (daring) |
16 | •Akhir kegiatan magang •Pengumpulan laporan magang •Seminar/sidang akhir semester |
Proses pendidikan moda Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) berlangsung selama 1 semester. Kegiatan utama moda RPL adalah penyusunan dokumen CV dan 3 portofolio di bawah bimbingan dosen PS PPI secara daring. Pengumpulan dokumen-dokumen tersebut adalah pada minggu ke-3, 5, 7, 9, 11, dan 13. Pada akhir semester (minggu ke-16) dilaksanakan seminar/sidang secara luring di kampus ITB. Secara lebih detil, berikut adalah dokumen-dokumen yang disusun:
- CV dan otobiografi untuk merekam jejak keinsinyuran
- Portofolio kode etik dan etika profesi
- Portofolio profesionalisme keinsinyuran
- Portofolio K3L
- Bahan presentasi
Berdasarkan dokumen-dokumen tersebut dan proses seminar/sidang akhir semester, penilaian yang diekivalensikan untuk 6 mata kuliah moda RPL dilakukan. Keenam mata kuliah tersebut adalah:
- PI5001 Kode Etik dan Etika Profesi
- PI5002 Profesionalisme Keinsinyuran
- PI5003 K3L
- PI5004 Praktik Keinsinyuran
- PI5005 Studi Kasus
- PI5006 Seminar Workshop Diskusi
Untuk menambah wawasan dan kompetensi mahasiswa, Kuliah Umum diselenggarakan secara daring/hibrida 4 kali pada minggu ke-1, 5, 9, dan 13 dengan narasumber yang berasal dari akademisi dan praktisi. Secara skematis, kegiatan rekognisi dapat ditampilkan pada gambar di bawah.